Hapus File Temporary/Temp Pada Komputer/Laptop Windows

Hapus File Temporary/Temp Pada Komputer/Laptop Windows

Pasti banyak yang posting mengenai file temporary/sementara di website lainnya, namun menurut kami ini sangat penting untuk kita bahas secara singkat. File temporary yang di dalam folder temporary ini sebenarnya berfungsi tempat menyimpan sementara bagi aplikasi dari windows atau pihak lain untuk memberikan data yang sudah pernah tersimpan dengan cara memanggil data tersebut sewaktu dibutuhkan tanpa mengulang kembali.  Semakin lama pemakaian komputer/laptop maka akan semakin banyak file temporary yang tersimpan terlebih pengguna perangkat tersebut sering melakukan pemasangan aplikasi yang banyak sehingga file temporary yang tersimpan semakin banyak pula. Walaupun ada sebagian file temporary yang aplikasinya tidak digunakan maka file temporary akan terhapus. Tidak semua aplikasi yang mempunyai penyesuaian data seperti itu maka file temporary akan tersimpan secara permanen. Nah bagaimana menghapus file temporary ini disebuah perangkat komputer/laptop pada window 10 adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan pada tombol Windows pada pojok kiri bawah pada layar dan klik Run, atau klik secara bersamaan tombol keyboard Windows + R. Muncul notifikasi command box pada layar yang tersedia ketikan %temp% dan enter. 
  2. Muncullah tampilan file-file yang berada pada folder C:\Users\AppData\Local\Temp. Select all file tersebut kemudian klik kanan delete. 
  3. Ikuti langkah nomor 1 lalu ketikan perintah pada command box dengan ketikan temp lalu enter. 

  4. Lalu akan diarahkan menuju C:\Windows\Temp. Select all file tersebut kemudian klik kanan delete. 

File temporary ini apabila diabaikan akan berkembangbiak menjadi ukuran yang besar sehingga dapat mengurangi size data hardisk yang ada. Sebaiknya dilakukan pembersihan secara rutin sehingga komputer/laptop anda sehat. 

Ads middle content1