google.com, pub-1594800019844166, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Membuat Nomor Urut Otomatis Microsoft Word - Intipilmu.com Musik

Membuat Nomor Urut Otomatis Microsoft Word


Bagi pengguna Microsoft Word disini akan diberikan sedikit trik untuk mempermudah menggunakan fungsi tabel pada Microsoft Word. Tabel yang panjang kebawah biasanya colom nomor urut yang selalu dimunculkan apabila urutan barisannya banyak sampai ratusan maka akan mempersulit atau membuang waktu yang lama ketika mengetik satu per satu nomor urut setiap baris. 

Jikalau menggunakan Microsoft Excel hanya memasukan nomor urut di baris pertama dan kedua saja kemudian mendragkan kebawah sesuai kebutuhan pasti semuanya bisa. Nah bagaimana ketika hal demikian dilakukan pada Microsoft Word. Secara teknik perilakunya berbeda ketika menggunakan Excel dengan Word. Nah dibawah ini akan dijelaskan cara menggunakan tabel dengan nomor urut secara otomatis ketika nomor urut ditambahkan atau dikurangi, ikuti cara di bawah ini :
  1. Buatlah Tabel seperti biasanya pada Microsoft Word seperti contoh dibawah ini 
  2. Lihatlah kolom nomor masih kosong yang mana akan kita isi, kemudian blok/tandain dibawah kolom NO semua sesuai dengan tabel yang ada, kemudian cari Bagian Tab pada Microsoft Word yang namanya HOME, lalu masuk ke group paragraph disana ada banyak icon fungsi seperti bullet, numbering, multi level list, decrease indent, increase indent, sort, show/hiden, align left, center, align right, justify, line and paragraph spacing, shading, dan border. Kita akan memilih numbering dan pilih number alignment center atau number alignment left yang berupa urutan angka atau abjad seperti gambar dibawah ini.
  3. Setelah nomor urut muncul semua sesuai dengan point 2, maka selanjutnya menyesuaikan posisi agar terlihat bagus dengan cara mengatur pengaturan fungsi INDENT pada rule  horizontal Microsoft Word. INDENT ini ada beberapa bagian fungsinya yaitu First Line Indent, Hanging Indent, Left Indent dan Right Indent. First Line Indent berfungsi untuk mengatur indentasi namun hanya baris pertama saja dalam paragraf. Hanging Indent berfungsi untuk mengatur indentasi seluruh baris dalam paragraf setelah baris pertama. Left Indent berfungsi untuk mengatur semua baris dalam paragraf, atau mengatur jarak sebelah kiri paragraf dengan margin sebelah kiri. Right Indent berfungsi untuk mengatur jarak sebelah kalan paragraf dengan margin sebelah kanan. Disamping menggunakan fungsi Indent dapat juga menggunakan fungsi left, center, right, dan justify pada group paragraph. 
  4. Trik ini dapat berfungsi apabila ingin menambahkan atau mengurangkan baris maka nomor urut akan secara otomatis urut. Apabila masih belum paham dapat dilihat dengan video dibawah ini. 
           
Sekian terimakasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Membuat Nomor Urut Otomatis Microsoft Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel