google.com, pub-1594800019844166, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Bongkar Shockbreaker Motor Jadul - Intipilmu.com Musik

Bongkar Shockbreaker Motor Jadul

Dizaman sekarang ini motor bukan barang yang mewah lagi dikawasan kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Produksi motor pertahun yang mencapai jutaan unit dan ditambah mudahnya dalam mengajukan perkreditan motor membuat semakin cepat peredaraan motor. Banyaknya merek baru dan fitur-fitur atau teknologi baru membuat konsumen tertarik. Misalnya adanya auto break system (ABS) dan idle power pada motor honda merupakan salah satu contoh kemajuan motor saat ini.

Dalam pembahasan ini kita tidak membahas mengenai motor baru, namun mengenai bagian motor yang membuat saya cukup terkejut ketika terjadi masalah disaat ini. Motor saya ini adalah motor jadul yaitu Yupiter Z tahun 2005 yang dizamannya sangat populer dan sangat diminati semua kalangan. Ketika saat sekarang ada bagian shockbreaker depan yang sudah tidak berfungsi kembali alias rusak. Ketika itu saya berada di daerah Tangerang Sepatan untuk memperbaiki shockbreaker motor ini dibengkel terdekat karena saya tidak dapat membongkar sendiri. Niatnya sih ketika ada bagian komponen yang rusak hanya itu saja yang akan diganti. Adapun bagian shockbreaker yang terutama adalah Tabung Garpu sudah tidak bisa dipakai kembali. Setelah ditanya di bengkel tersebut tidak ada barangnya dan untuk dicarikan diluar bengkel tersebut. Kemudian saya mencarilah disetiap bengkel saya tanya namun jawabannya sama tidak ada. Mungkin karena motor sudah lama tidak diproduksi lagi suku cadangnya. Ada 2 wilayah saat itu saya mencari barang tersebut namun nihil. Perasaan pasrah mulai muncul dan ketika itu dijalanan saya melihat pangkalan barang-barang seken dan mencoba menanyakan apakah ada onderdil shockbreaker motor Yupiter Z, dan katanya ada. Ketika diperiksa memang sesuai namun sudah tidak mulus lagi dan fungsinya pun masih bisa dipakai walaupun ada sebagian part tidak sesuai aslinya. Kemudian saya ambilah barang tersebut dibawa ke bengkel saya tadi dan akhirnya dibongkar kembali shockbreaker seken tersebut ternyata barang didalam minyak shock nya tidak ada per nya pun sudah keropos cukup menyedihkan sih. Namun masih bisa dipakai menurut montir bengkel itu. Singkat cerita shockbreaker masih bisa digunakan walaupun tidak bisa jamin berapa lama kekuatannya.




Shockbreaker adalah peredam kejut atau alat mekanik yang didesain yang digunakan untuk meredam hentakan dari energi kinetik. Adapun komponen dari shockbreker depan sepeda motor:
  1. Slider Garpu: adalah rumah atau casing dari semua komponen shockbreker depan. Slider garpu juga sebagai wadah dari minyak shockbreker.
  2. Sil Oli: berguna untuk menjaga minyak shock tidak keluar dari Slider garpu.
  3. Cincin stopper: berguna untuk menahan agar sil oli tidak bergerak ke atas, akibat adanya tekanan dari minyak shock.
  4. Sil debu: berguna untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam slider garpu. Sebab debu dapat membuat tabung garpu menjadi lecet atau aus.
  5. Tabung garpu: berguna untuk membuat sekat atau ruang antara slider garpu dan ruang di dalam tabung garpu tersebut. Hal ini disebabkan shockbreker honda menggunakan tipe twin tube ( dua tabung).
  6. Torak garpu: berfungsi sebagai piston yang membagi ruang antara di bawah torak garpu dan di atas torak garpu. Sehingga minyak shock berpindah dari ruang di bawah torak garpu menuju ruang di atas torak garpu, demikian sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk meredam gaya oksilasi dari pegas garpu dan pegas reaksi.
  7. Pegas reaksi: berguna menerima atau meredam kejutan dari roda. Pegas ini yang pertama kali menerima kejutan dari roda akibat jalan yang tidak rata.
  8. Pegas garpu: berguna untuk menahan gerak torak ke atas. Pegas garpu ini juga meredam kejutan, tapi setelah menerima gaya dari torak garpu. Gaya yang dimaksud adalah kejutan akibat sentuhan roda ke jalan yang tidak rata.
  9. Baut garpu: berguna menutup lubang di atas torak garpu, sehingga minyak shock tidak keluar dari shockbreker. Biasanya di baut garpu terdapat ring sil oli.
Sekian dan terimakasih

0 Response to "Bongkar Shockbreaker Motor Jadul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel